LAKIP TA 2014

  • Dibaca: 734 Pengunjung

RINGKASAN EKSEKUTIF

 

            Tuntutan masyarakat terhadap pelaksanaan pemerintahan yang baik dan bersih (good governance and clean government) telah mendorong instansi pemerintah untuk mengembangkan system pertanggungjawaban yang jelas, tepat dan teratur yang disebut Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Salah satu fase penting dalam SAKIP adalah penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) sebagaimana diamanatkan dalam inpres No 7 Tahun 1999 tentang akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Selain sebagai amanat Inpres No 7 Tahun 1999, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kabupaten Klungkung menyusun laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2014 juga bertujuan sebagai evaluasi diri agar dapat diketahui prestasi yang sudah diraih dan kegagalan yang dialami sehingga dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi tahun tahun selanjutnya dapat lebih baik dari tahun sebelumnya.

            LAKIP Tahun 2014 ini menyajikan capaian indikator dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Klungkung yang merupakan penjabaran dari Visi dan Misi yang tertuang dalam rencana strategis 2013– 2018. Dari tiga program yang dilaksanakan di DPPKA Kabupaten Klungkung, hanya program prioritas yaitu Program Peningkatan dan Pengembangan Pengelolaan Keuangan Daerah yang dibahas secara rinci dalam LAKIP ini.

            Dari seluruh kegiatan di DPPKA Kabupaten Klungkung dapat dikatakan efisien karena dilihat dari indikator input yang digunakan dari seluruh kegiatan capaiannya sekitar  80,95% dan indikator output rata-rata sebesar 100%. Dibalik keberhasilan yang diraih ada beberapa catatan kekurangan yang harus diperhatikan untuk tahun tahun selanjutnya yaitu:

  1. Kurangnya sosialisasi pada masyarakat tentang peraturan daerah terutama   Peraturan Daerah tentang Retribusi dan Pajak Daerah.
  2. Kurangnya sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi.

Dari keberhasilan dan kekurangan yang ada akan dijadikan dasar berpijak yang kuat bagi penyusunan dan pelaksanaan program – program di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Klungkung tahun-tahun selanjutnya.

  • Dibaca: 734 Pengunjung