FGD Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah, Pengaturan Teknis Dan Formulasi Tarif Dalam Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Klungkung Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah

Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Klungkung melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pada Tanggal 27 Juli 2023 acara ini dilaksanakan secara daring dan luring. FGD ini diikuti oleh Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali, Bapemperda DPRD Kab. Klungkung acara ini dibuka secara langsung oleh bapak Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung Bapak Dewa Gde Darmawan, S.Pd, M.Pd. Kegiatan FGD ini memiliki peran penting dalam memastikan bahwa Perda yang dihasilkan relevan, efektif, dan mampu mengakomodasi berbagai perspektif dan kebutuhan yang ada dalam masyarakat.

FGD memiliki beberapa tujuan penting dalam konteks penyusunan Perda, diantaranya FGD memungkinkan pemerintah atau lembaga terkait untuk mengumpulkan pandangan dan pendapat dari berbagai pihak yang terlibat atau terpengaruh oleh regulasi yang akan dibuat. FGD membantu penyusun Perda untuk lebih memahami isu-isu yang relevan dan kebutuhan masyarakat terkait topik yang akan diatur. Diskusi dalam FGD memungkinkan para peserta untuk mengungkapkan permasalahan yang dihadapi, peluang yang ada, dan harapan mereka terhadap regulasi baru. Dengan melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dalam FGD, ada potensi untuk mengidentifikasi perbedaan pendapat atau potensi kontroversi sebelum Perda final disusun. Hal ini membantu mengurangi kemungkinan konflik di kemudian hari.

Leave a Comment